"HIDUP TAK AKAN PERNA MENDAPATKAN KEDUDUKANNYA MENJADI SEBUAH KEBENARAN YANG UNTUH SECARA OBYEKTIF, HIDUP AKAN TERUS BERLANJUT DAN TERUS BERKEMBANG BERDASARKAN ZAMANNYA TAK ADA YANG ABADI DAN TAK ADA YANG TETAP".

Respon Hari Anti Korupsi dan Hari HAM

Respon Hari Anti Korupsi dan Hari HAM
Gambar ini diambil pada tanggal 9 Desember 2011, Front Perjuangan Rakyat (FPR-SULTENG).

Senin, 19 September 2011

Teori-Teori Perubahan Sosial Kapitalisme : Teori Modernisasi dan Pembangunan

Bagian pertama akan membahas bagaimana latar belakang teori-teori modernisasi dan pembangunan dilahirkan.Untuk memahami latar belakangnya,akan dibahas tiga teori sosial dan ekonomi terpenting yang digunakan menjadi landasan atau fondasi oleh teori modernisasi dan pembangunan.Teori-teori yang menjadi landasan teori-teori modernisasi dan pembangunan adalah : Teori Ekonomi klasik,teori evolusionisme,serta teori fungsionalisme. Nanti juga akan ada pembahasan mengenai pemikiran W.W. Rostow yang sering dianggap sebagai bapak teori pertumbuhan sosial.Kemudian ada pembahasan mengenai karya David Mc.Clelland tentang teori motivasi.

Teori Ekonomi Kapitalisme :
 
Teori perubahan sosial modernisasi dan pembangunan pertumbuhan pada dasarnya dibangun di atas landasan kapitalisme.Pandangan kapitalisme jika digali secara teoritik,maka pada dasarnya bersumber dan berakar pada pandangan filsafat ekonomi klasik,terutama ajaran Adam Smith dengan karyanya Wealth of Nation (1776).Selain itu ada David Ricardo dan James Mill.Keseluruhan filsafat pemikiran ekonomi klasik tersebut dibangun di atas landasan filsafat ekonomi liberalisme.Seperti kebebasan individu (personal liberty),pemilikan Pribadi (private property).
Sejumlah pandangan dari para pemikir ekonomi klasik yang mempengaruhi teori-teori perubahan sosial di kemudian hari :
  • Para pemikir ekonomi klasik percaya pada Laissez-faire,yaitu kepercayaan akan kebebasan dalam bidang ekonomi yang memberi isyarat perlunya membatasi atau memberi peranan sangat minimum kepada pemerintah di bidang ekonomi.
  • Mereka percaya pada ekonomi pasar yang diletakkan dalam sistem persaingan ,kompetisi bebas dan persaingan sempurna.
  • Mereka juga percaya pada kondisi full-employment yakni suatu ekonomi akan berjalan lancer dan selalu mengalami penyesuaian diri jika tanpa intervensi pemerintah.
  • Memenuhi kepentingan individu berarti emenuhi kepentingan masyarakat (harmony of interest)
  • Menitikberatkan pada kegiatan ekonomi terutama industri.
  • Percaya pada hukum pasar,yakni supply creates its own demand.

Adam Smith mengemukakan teori division of labour ,yaitu : Pentingnya buruh sebagai sumber kekayaan bangsa.

Teori Evolusi :
 
Teori evolusi atau teori organik adalah warisan pengaruh zaman pencerahan dan berdampak pada pemikiran tentang perubahan sosial.Teori ini berdasarkan pada enam asumsi tentang perubahan,yakni : Perubahan dilihat sebagai natural,dereksional,immanent,kontinyu,suatu keharusan, dan berjalan melalui sebab yang sama.
Menurut Teori Evolusi,masyarakat akan berkembang dari masyarakat sederhana (primitive) menuju ke masyarakat modern (complex) dan memerlukan proses jangka panjang untuk melalui fase-fase tersebut.Teori ini berasumsi bahwa masyarakat akan berubah secara linear atau seperti garis lurus , dari masyarakat yang primitive ke masyarakat maju.Teori ini berasumsi bahwa intervensi akan mempercepat proses perubahan sosial yang pada dasarnya memerlukan waktu yang lama.

Teori Fungsionalisme :
Teori fungsionalisme muncul terhadap kritik terhadap teori evolusi.Teori ini sebenarnya sederhana,bahwa masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri atas bagian yang saling berkaitan.Masyarakat berubah ,tetapi perubahan dalam suatu bagian masyarakat akan diikuti oleh perubahan bagian yang lain.Perubahan berjalan secara teratur dan selalu menuju pada keseimbangan baru.Masyarakat tidak statis tetapi dinamis,tetapi secara teratur dan dinamis.

Teori Modernisasi :
Teori modernisasi dan pembangunan yang pada dasarnya merupakan sebuah gagasan tentang perubahan sosial dalam perjalanannya telah menjadi sebuah ideologi.Perkembangan ini adalah akibat dari dukungan dana dan politik.perkembangan ini adalah akibat dari dukungan dana dan politik yang besar dari pemerintah dan organisasi maupun perusahaan swasta di amerika Serikat serta negara-negara liberal lainnya.Modernisasi sebagai gerakan sosial bersifat revolusioner (perubahan cepat dari tradisi ke modern),modernisasi juga berwatak kompleks (melalui banyak cara dan disiplin ilmu),sistematik,menjadi gerakan global yang akan mempengaruhi seluruh manusia,melalui proses yang bertahap untuk menuju suatu homogenisasi,dan bersifat progresif.

Rostow : Teori pertumbuhan Ekonomi :
Dalam tulisan yang berjudul The Stages of Economic Growth : A Non-Communist Manifesto,Rostow membentangkan pandangan tentang modernisasi yang dianggap sebagai cara untuk membendung samangat sosialisme.Teori Rostow tentang pertumbuhan pada dasarnya merupakan sebuah versi dari teori modernisasi dan pembangunan,yakni teori yang meyakini bahwa factor manusia (bukan struktur atau sistem) menjadi fokus utama perhatian mereka.Teori pertumbuhan adalah sebuah bentuk teori modernisasi yang menggunakan metafora pertumbuhan,yakni tumbuh sebagai oraganisme.

Rostow menjelaskan 5 tahapan pembangunan ekonomi :
a. Masyarakat tradisional
b. Masyarakat Prakondisi tinggal landas
c. Masyarakat tinggal landas
d. Masyarakat pematangan pertumbuhan
e. Masyarakat industri : masyarakat konsumsi masa tinggi.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2174407-teori-teori-perubahan-sosial-kapitalisme/#ixzz1YPFNt0xe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang menulis komentar yg tidak senono dengan etika merusak moral dan berbau SARA.