"HIDUP TAK AKAN PERNA MENDAPATKAN KEDUDUKANNYA MENJADI SEBUAH KEBENARAN YANG UNTUH SECARA OBYEKTIF, HIDUP AKAN TERUS BERLANJUT DAN TERUS BERKEMBANG BERDASARKAN ZAMANNYA TAK ADA YANG ABADI DAN TAK ADA YANG TETAP".

Respon Hari Anti Korupsi dan Hari HAM

Respon Hari Anti Korupsi dan Hari HAM
Gambar ini diambil pada tanggal 9 Desember 2011, Front Perjuangan Rakyat (FPR-SULTENG).

Senin, 07 Februari 2011

Tolak Kedatangan PT CPM di Poboya

Sumber : Radar Sulteng'

Senin, 07 Februari 2011

Palu- rencana PT Citra Palu Mineral (CPM) anak perusahaan dari bumi resources tbk. Untuk melanjutkan tahapan eksplolari di poboya menuai reaksi, sebagaimana di beritakan sabtu (5/2)kepada Koran ini syahrial suandi, manager eksternal PT Bumi Resources Mineral tbk. Memegang saham PT CPM mengatakan, setelah tertunda hamper satu tahun, pekan depan tepatnya selasa (18/2) besok, pihaknya mulai memobilisasi peralatan pengeboran di poboya.

Pengeboran tersebut di lakukan sebagai bagian dari tahapan studi kelayakan pengelolahan tambang emas di poboya. Ketua Barisan Pemuda Tara (BATARA) Agus salim Walahi SH secara tegas, menyatakan menolak rencana CPM untuk memobilisasi peralatan bor ke Poboya selasa besok.

Menurutnya pertemuan yang dilakukan di Polda Sulteng tidak bisa di jadikan alasan untuk PT CPM mulai melakukan aktivitas di poboya. Sebab, dalam pertemuan itu tidak ada pembicaraan soal kesepakatan. Hanya satu kata yang kami pegang saat ini, melawan.

Kami tetap menolak masuknya CPM di poboya, apapun alasannya” tegasnya. Agus mengatakan , pihaknya tetap pada komitmen awal, yakni tidak akan memberikan peluang kepada PT CPM untuk melanjutkan kegiatan eksplorasinya di poboya. Bila ada pihak-pihak tertentu yang member jaminan mobilisasi alat ke poboya oleh CPM berlangsung aman, batara tidak termasuk di dalamnya.

“ batara tetap pada sikap sebelumnya, tidak setuju menolak dan melawan, bila CPM tetap memaksa masuk di poboya “ tegas agus. Hal senada di ungkapkan herman, salah satu tokoh pemuda kelurahan poboya, menurutnya, penolakan atas CPM melnjutkan aktivitas di poboya adalah harga mati, “ kami ini cuma mempertahan hak kami. Tanah tumpah darah kami. Kalau CPM tetap memaksa masuk , kita lihat saja nanti yang apa yang terjadi “ ujar Herman dengan nada tegas.

Menurutnya , sikap menolak atas rencana CPM melanjutakan tahapan eksplorasi di poboya di dukung hampir seluruh warga kelurahan poboya. “ kemarin (sabtu, 5/2) orang tua adat di poboya sudah satu bahasa, sama-sama menolak CPM sebutnya. Irwan aswin ketua forum pemuda lasoani , menyatakan bila CPM tetap memaksakan diri masuk ke poboya maka harus berhadapan dengan masyarakat penambang.

“ kalau CPM tertap memaksa masuk dan melakukan pemboran sama halnya menabuh genderang perang, dan kami sudah siap menyambutnya” tegas imran. Katanya tambang rakyat dengan nyata telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan taraf ekonomi masyarakat di poboya dan beberapa kelurahan di sekitarnya. Yakni masyarakat dari kelurahan lasoani, kawatuna, tanamodindi, birobuli,talise dan bahkan masyarakat dari luar daerah.

Dia yakin masuknya CPM di poboya nantinya bakal menggusur pertambangan rakyat. Dan itu artinya , kehidupan ekonomi masyarakat yang sudah mulai membaik dan akan kembali terpuruk. “mungkin awal-awal masuk belum ada penggusuran, tapi pelan-pelan penggusuran itu akan terjadi. Dan itu sangat kami tidak inginkan,”tegasnya. Bagaimana bentuk perlawanan kalau nantinya CPM tetap memaksakan untuk memobilisasi peralatan bornya ke poboya? Irman enggan menyebutkan secara rinci. “Yang pasti secara apapun kalmi akan lakukan kalau CPM tetap memaksa mengangkut peralatannya ke poboya sebutnya. (ars)

Sumber : Radar sulteng senin 7 februari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang menulis komentar yg tidak senono dengan etika merusak moral dan berbau SARA.